Animasi Sebagai Bentuk Media

Animasi dapat digunakan untuk menginformasikan, mendidik, mengiklankan, dan mengekspresikan emosi seperti halnya live action dengan menggunakan teknik yang sama; seperti penggunaan warna, bahasa film dan suara. Iklan NSPCC oleh Russell Brooke di televisi adalah contoh bagus tentang bagaimana animasi bisa lebih efektif daripada aksi langsung. Tidak ada batasan seberapa besar suatu situasi atau tindakan dapat dilebih-lebihkan tetapi tetap harus meyakinkan. Dalam iklan jika seorang anak sungguhan dilemparkan, itu akan sangat kontroversial dan meskipun sebenarnya apa yang terjadi di balik pintu tertutup, itu akan terlalu banyak ditonton oleh sebagian orang. Karakter animasi dibuat dengan cara yang menggambarkan anak dengan cara yang akan menyampaikan pesan. Contoh ini menunjukkan betapa berharganya animasi alat, bahwa itu bukan hanya bentuk media untuk menghibur anak kecil. Ini juga merupakan sarana yang baik untuk menunjukkan bahwa kekerasan kartun dapat digunakan untuk tujuan yang positif.

Di sisi lain kekerasan kartun bisa sangat agresif dan grafis seperti seri video game ‘Grand Theft Auto’ dan beberapa fitur Manga melibatkan banyak kekerasan dan darah kental tetapi dibuat dengan cara yang cukup realistis, tidak cocok untuk penonton muda di mana kartun diadaptasi dari komik Marvel seperti ‘Spiderman’ dan ‘X-Men’ terutama berorientasi pada pertempuran tetapi dilakukan dengan cara yang tidak terlalu berdarah. Urutan pertarungan melibatkan beberapa tendangan dan pukulan dan kekuatan manusia super digunakan yang biasanya tidak menimbulkan banyak darah, kerusakan fisik pada lawan, sebaliknya yang kalah dibiarkan dengan satu atau dua goresan di wajah mereka dengan tetesan darah mengalir dari mulut mereka. Perkelahian, realistis karena mungkin, tidak terlalu grafis, jika tidak mereka harus ditampilkan setelah DAS, tetapi mereka cukup deskriptif untuk mengungkapkan apa yang terjadi di dalam cerita. Yang terpenting dari semuanya adalah kenyataan bahwa kebaikan selalu menang atas kejahatan dalam kartun ini. Ini tidak membenarkan anime lovers apk pertempuran tetapi juga tidak mendorongnya. Pertarungan dalam fitur aksi langsung selalu lebih ganas daripada pertempuran di kartun karena melibatkan orang-orang nyata yang bisa terluka sedangkan karakter kartun tidak merasakan apa-apa, membuat pertempuran tampak kurang realistis daripada urutan pertarungan aksi langsung.

Keyakinan bahwa animasi adalah bentuk media yang ditujukan terutama pada anak-anak belum tentu benar, tetapi dalam beberapa situasi ini dapat digunakan untuk keuntungan produser. Contoh yang baik dari hal ini adalah iklan ‘DairyLea’ baru-baru ini, yang dibuat dengan teknik Stop Motion 3D yang menunjukkan beberapa sapi yang berbicara mendorong anak-anak untuk memakan produk mereka, tidak hanya sendiri, tetapi dengan kentang tumbuk. Iklan tersebut menunjukkan bahwa ‘DairyLea’ dapat dicampur dengan makanan lain dan formatnya lebih mudah diingat oleh anak-anak (sapi yang berbicara), oleh karena itu mereka lebih cenderung meminta orang tua untuk membelikannya. Contoh animasi bagus lainnya yang ditujukan untuk anak-anak adalah ‘Green Cross Code’ (berhenti, melihat, dan mendengarkan). Iklan informatif ini menunjukkan landak menyeberang jalan dengan animasi dan musik, mendorong anak-anak untuk melakukan apa yang mereka lakukan dan mereka akan aman. Format ini dipilih agar anak-anak akan mengingat bagaimana menyeberang jalan dengan aman seperti yang diceritakan dengan menyanyikan landak—yang tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata melalui format live action. Iklan tersebut menawarkan alternatif yang menarik dan mudah diingat untuk instruksi tindakan langsung yang biasa dan mudah dilupakan.

Karena animasi dipopulerkan oleh anak-anak, (misalnya, fenomena serial ‘Pokemon’), ada beberapa cara yang dapat dilakukan produsen untuk memanfaatkan peluncuran dan kesuksesan sebuah serial. Produser melihat banyak cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dari kartun yang sukses karena mereka tahu bahwa anak-anak akan melakukan apa saja untuk mendapatkan elemen barang dagangan, misalnya kartu pertempuran ‘Pokemon’. Merchandise tidak hanya berhenti di kartu remi saja; ada alat tulis, alat makan, tas, mainan, pakaian, buku, poster dan video game. Sisi animasi inilah yang membuat orang dewasa menjauhkan diri dari genre tersebut karena fakta bahwa serial kartun tersebut secara terang-terangan ditujukan untuk anak-anak sehingga ini cukup untuk membuat mereka berhenti menonton. Sebelumnya format animasi mengadopsi pendekatan bias yang ditujukan hanya untuk audiens yang lebih muda. Pada awalnya animasi adalah konsep yang menarik, sebuah gambar yang bergerak. Karena itu adalah konsep baru, orang-orang dari segala usia tertarik.